Selasa, 28 Oktober 2014



Salah satu cara meningkatkan mutu pakan terutama peningkatan kadar protein dan kadar ketercernaan pakan adalah dengan cara memfermentasi pakan yang ada yang banyak tersedia di tempat kita.

Fermentasi merupakan proses pembiakan protein sel tunggal. Protein sel tunggal yang biasa di pakai adalah yang di produksi dengan media kultur cair missal : kefir, yoghurt, asam cuka. Sedang protein sel tunggal media subtract padat missal : oncom, tempe, tempe, kecap. Tujuan awal fermentasi untuk meningkatkan nilai tercernak pakan, sehingga penyerapan nilai nutrisi pakan lebih optimal, yang pada akhirnya seharusnya produktivitas akan meningkat.

Dengan memfermentasi dedak maka diharapkan nilai ketercernaan dedak menjadi tinggi dan proteinnya meningkat. dari 10-12% bisa meningkat ke 15%

cara memfermentasinya adalah]
Bahan
1. Dedak
2. Mineral Unggas
3. Probiotik atau dengan Mikroba Starter seperti EM4 atau NPS  jika menggunakannya tambahkan    molasses atau larutan gula
4. Ragi Tape
Alat-alat :
1. Drum, ember, plastic untuk pemeraman
2. Dandang/ alat kukus di sesuaikan dengan yang di miliki

Langkah kerja :
1. Basahi katul dengan air buat “ pero “ saja, masukan dandang/alat kukus, masak 30 menit di hitung mulai airmendidih, hindari terlalu matang atau katul masukan ember kocori dengan air panas lalu aduk-aduk sampai merata, di buat “ pero “ juga.
2. Dinginkan katul, campur dengan , mineral 1 sendok makan tiap 2 kg katul, ragi tape 1 butir tiap 4 kg katul. Kenapa di pakai ragi tape karena murah, Jika menggunakan Probiotik atau dengan EM4 campurkan dengan molasses atau larutan gula.
3. Semua bahan di campur aduk sampai rata, lalu masukan dalam drum, ember atau plastic, tutup rapat udara ndak boleh masuk, 2 atau 3 hari, hasil terbaik 4 hari. Simpan di tempat teduh yang tidak terkena paparan sinar matahari.
4. Setelah jadi bisa langsung di berikan pada hewan ternak atau kalau ingin di simpan keringkan terlebih dahulu baru di kemas, jika pengeringan sempurna tahan hingga 2 bulan.selesai…….

0 komentar:

Posting Komentar